Inilah Fungsi Modem ADSL Pada Jaringan Komputer

Modem ADSL merupakan satu jenis modem yang memiliki kedudukan utama sama degan beberapa jenis modem pada umumnya. Fungsi utamanya yaitu menjadi penghubung antara komputer dengan router atau bisa pula sambungan telepon yang lalu dapat menyambungkan komputer dengan internet dan berbagai jenis komputer lainnya.

Sedangkan ADSL sendiri merupakan sebuah singkatan dari Asynchronous Digital Subscriber Line, atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia yakni jaringan digital secara asimetris. ADSL ini merupakan bentuk perkembangan lanjut dari Digital Subscriber Line (DSL). Perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari kecepatan transfer data dari ADSL yang bersifat asimetris, atau berbeda-beda dari satu sisi ke sisi lainnya.

Dengan adanya modem jenis ADSL ini, maka dapat menjadi sebuah kemungkinan untuk melakukan splitter, dimana pembicaraan di telepon masih bisa berjalan saat modemnya masih terhubung ke jaringan internet. Pada awalnya modem ini juga masih menggunakan kabel telepon biasa, namun sekarang pengaplikasiannya bisa dengan menggunakan kabel serat optik.

Sejarah Singkat Modem ADSL

Sebelum penemuan ADSL, dahulu kita sudah mengenal sistem yang disebut diap up. sistem ini berjalan dimana sebuah telepon berfungsi sebagai penghubung antara komputer dan jaringan dari internet. Akan tetapi, sistem dial up ini ternyata memiliki berbagai kekurangan. Diantaranya kecepatan yang masih rendah dan kurang berfungsinya sistem telekomunikasi memakai telepon.

Modem ini lalu mulai dikembangkan untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada dial up. Modem ini lalu diluncurkan dan dikenalkan pada masyarakat agar menjadi pilihan terbaik saat itu, dimana ISP pun belum banyak dibentuk.

Di Indonesia, modem jenis ADSL ini dikenalkan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia, yakni PT Telkom. Namun untuk sekarang modem jenis ADSL ini sudah jarang digunakan karena sudah banyak beredar ISP yang menggunakan sinyal secara nirkabel dan tidak perlu menggunakan telepon rumah untuk bisa terkoneksi dengan internet.

Fungsi Penggunaan Modem

  1. Dapat Membagi Penghantar Frekuensi

Fungsi pertama modem jenis ADSL ini adalah dapat membagi penghantar atau penghubung frekuensi secara luas. Saat melakukan koneksi internet dengan dial up, maka frekuensi yang diterima tidak bisa terbagi lagi. Hal ini menyebabkan percakapan yang ada di telepon tidak dapat dilanjutkan.

Dengan modem jenis ADSL, frekuensi tersebut dapat terbagi menjadi 2, yakni frekuensi tinggi yang digunakan untuk menghantarkan data dan koneksi internet, serta frekuensi rendah untuk melakukan percakapan melalui telepon.

  1. Dapat Memberikan Koneksi Internet Hanya Dengan Telepon Rumah

Fungsi kedua dari modem ini adalah dapat memberikan koneksi internet hanya dengan penggunaan telepon rumah, tanpa repot-repot lagi melakukan setting. Modem ini sudah termasuk dalam satu paket yang tidak memerlukan instalasi khusus.

Demikian ulasan kali ini membahas tentang modem ADSL. Semoga uraian di atas mampu menambah wawasan dan bermanfaat pula bagi kita semua.

Baca juga artikel tips lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *