Mari Belajar Cara Menggunakan Movie Maker!

Bagi semua orang yang suka melakukan editing pada sebuah film pendek atau video pasti sudah mengenal movie maker. Movie maker merupakan salah satu software yang khusus digunakan untuk proses editing sebuah video. Software ini memang dapat dikatakan sebagai software yang sudah lama, namun kualitasnya benar-benar bagus. Bagi Anda semua yang belum mengerti dan ingin belajar bagaimana cara menggunakan movie maker dalam proses editing foto? Maka ikutilah caranya di bawah ini.

Cara Menggunakan Movie Maker Dalam Editing Foto

Perhatikan beberapa cara menggunakan movie maker di bawah secara urut untuk dapat membuat sebuah video yang bagus dan berkualitas!

  • Pertama, Anda harus mengeklik pada software movie maker yang sudah Anda download. Klik hingga masuk ke lembar kerja.
  • Kemudian setelah masuk, Anda akan menemukan layar lembar kerja yang akan terbagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama tepat ada di bagian atas layar. Pada bagian ini Anda dapat melihat beberapa menu seperti transition levels, audio, captions, penyimpanan video dan lainnya. Di bagian kedua yaitu bagian preview windows, Anda akan menjumpai beberapa menu seperti preview windows yang dapat digunakan untuk mempreview windows.

Kemudian, selanjutnya di bagian ketiga ada beberapa tampilan yaitu storyboard (timeline) yang berada di sisi sebelah kanan. Menu ini berfungsi untuk menampilkan urutan video dan klip video yang nantinya akan di import. Secara mudahnya, menu ini dapat digunakan sebagai tempat untuk mengatur sebuah klip video sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

  • Jika sudah maka selanjutnya masukan video yang Anda ingin edit. Caranya yaitu dengan klik dan drag video ke lembar kerja movie maker di monitor. Anda dapat melakukannya dengan cara mengklik di bagian “Here To Browser For Video Or Photos”. Tunggulah beberapa menit hingga semua video yang Anda inginkan masuk. Dalam memasukan video, Anda pun dapat memasukkannya melalui “Add Video and Photo”.
  • Jika video sudah berhasil masuk maka berikutnya Anda pun sudah dapat melakukan proses editing. Jika ada beberapa bagian video di bagian akhir yang ingin Anda hapus maka tekan saja pada “video tools” dan klik “tab edit”. Kemudian, tekan pada “split” di bagian video dan klik kanan pada kursor. Lalu arahkan pada pilihan “delete”.
  • Jika Anda sudah selesai melakukan proses editing video maka langkah berikutnya ialah penyimpanan video. Caranya yaitu klik pada ikon berwarna biru di bagian atas dan klik pada “Save Movie” dan klik pada For-Hight-Definition Display untuk mendapatkan hasil video yang berkualitas.

Demikianlah cara menggunakan movie maker yang sangat simple dan mudah. Anda dapat mulai mencobanya untuk mengedit beberapa video penting agar terlihat lebih menarik.

Baca juga artikel tips lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *