Kenali Lebih Dalam Pengertian Mikrotik Dan Fungsinya!

Masih banyak orang merasa awam dengan pengertian mikrotik secara umum. Karena mikrotik ini berhubungan dengan pengoperasian komputer dimana routernya juga berjalan dalam sebuah sistem operasi khusus. Nah, sekarang apa itu router? Router adalah sebuah perangkat dari komputer dalam bentuk jaringan yang memiliki fungsi dalam mengirimkan beberapa paket data dari suatu jaringan internet ke tujuannya, yang prosesnya disebut dengan routing.

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi pada zaman sekarang ini, tak heran jika teknologi dan infrastruktur dalam jaringan komputer menjadi sebuah satu kesatuan. Karena perkembangan yang pesat inilah yang juga membuat jaringan komputer semakin tampil dengan memadai. Salah satu contoh yang dapat diambil adalah dengan kemunculan Smartphone yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggihnya.

Nah, salah satu komponen penting dalam pembangunan jaringan komputer yaitu router yang kedudukannya sebagai penghubung. Lalu, apa pengertian dari mikrotik? Yuk, kita simak penjelasan detailnya.

Pengertian Mikrotik Yang Sebenarnya

Mikrotik itu merupakan sebuah sistem operasi yang disertai dengan perangkat lunak yang terpasang dalam sebuah komputer, sehingga komputer tersebut bisa dioperasikan dengan baik. Komputer yang sudah terhubung dengan mikrotik tersebut memiliki peran sebagai jantungnya jaringan, sebagai pengendali, dan juga sebagai pengatur lalu lintas data.

Jadi, dapat diartikan bahwa mikrotik itu merupakan sebuah sistem operasi secara khusus yang digunakan untuk router. Istilah mikrotik ini juga sering disebut dengan Router OS di mana memiliki fungsi yang ahli dan memiliki banyak sekali fitur yang membantu kelancaran jaringan.

Fungsi Dari Mikrotik

Mikrotik ini dapat digunakan dalam jaringan komputer yang memiliki skala kecil hingga besar. Akan tetapi, penggunaannya haruslah sesuai dengan resource dibandingkan spesifikasi dari komputer tersebut. Misalnya, jika mikrotik yang digunakan memiliki fungsi sebagai pengatur jaringan kecil, maka perangkat komputer yang digunakan harusnya yang sederhana saja.

Tetapi, jika jaringan yang akan digunakan memiliki skala yang besar, maka penggunaan komputernya harus dengan spesifikasi yang sesuai dan memadai.

Fitur Mikrotik OS

Pengoperasian mikrotik ini terbilang mudah, terlebih lagi jika menggunakan mikrotik dengan jenis Router OS. Karena mikrotik ini sudah dilengkapi dengan fitur GUI yang disebut dengan Winbox. Selain itu, beberapa fitur lainnya yang terdapat pada mikrotik adalah static routing, hotspot, web proxy, caching DNS client, universal client, simple tunnels, firewall & NAT, monitoring/accounting, data rate management, dan lain-lain.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian mikrotik adalah sebuah sistem operasi router yang dapat digunakan untuk menjalankan serta mengatur segala aktivitas jaringan yang menyeluruh. Demikian informasi yang dapat dibagikan mengenali mikrotik. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel tips lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *