Perusahaan Terkenal yang Dididirikan Mantan Karyawan Apple

7 Perusahaan Terkenal yang Dididirikan Mantan Karyawan Apple

Tercatat ada beberapa perusahaan Terkenal yang Dididirikan Mantan Karyawan Apple, berikut ini beberapa perusahaan Terkenal yang Dididirikan Mantan Karyawan Apple.

Tak dipungkiri bahwa Apple Inc kini sudah menjadi perusahaan paling populer di dunia dengan nilai saham yang sangat fantastis. Tidak mengherankan jika bekerja di Apple merupakan impian bagi sebagian besar orang. Namun, bukan hal yang mudah untuk bekerja di perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat ini, karena harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan orang.

Tak hanya gaji yang melimpah, ilmu yang didapatkan dari bekerja di Apple juga sangat bermanfaat. Bahkan hal tersebut membuat para alumni Apple sukses mendirikan perusahaan teknologi.

Tercatat ada beberapa perusahaan besar yang bergelut di dunia teknologi yang dibuat oleh mantan karyawan Apple. Seperti yang dikutip dari Cheat Sheet, berikut ini beberapa Perusahaan Terkenal yang dibuat oleh mantan karyawan Apple.

7 Perusahaan Terkenal yang Dididirikan Mantan Karyawan Apple

1. Nest Labs

Nest Labs merupakan sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan termostat dan detektor asap yang dapat dikelola secara nirkabel. Perusahaan ini didirikan oleh mantan insinyur Apple, Tony Fadell dan Matt Rogers. Menurut situs web Nest, Fadell pernah menjadi pemimpin tim yang menciptakan 18 generasi pertama iPod dan tiga generasi pertama iPhone, sementara Rogers berperan sebagai penanggung jawab untuk pengembangan perangkat lunak iPod.

Selain itu, Nest Labs juga mempekerjakan beberapa alumni Apple lainnya, termasuk mantan penasehat umum kekayaan intelektual, Chip Lutton. Pada Januari 2014 lalu, Google resmi mengakuisisi Nest Lab dengan harga US$3,2 miliar secara tunai.

 

2. Obi Mobile

Mantan CEO Apple, John Sculley berhasil mendirikan perusahaan bernama Obi Mobile, yang berfokus menjual smartphone murah. Dalam wawancara bersama Gulf Business, Sculley mengatakan bahwa bisnis smartphone murah tersebut sebenarnya terinspirasi oleh kesuksesan Apple di pasar kelas atas. Sculley yakin bahwa perangkat anggaran Obi Mobile sangat cocok untuk pasar negara berkembang. Oleh karena itu, pasar utamanya adalah negara-negara berkembang.

 

3. Android

Android merupakan sistem operasi smartphone yang didirikan oleh mantan insinyur Apple, Andy Rubin. Seperti yang dijelaskan dalam The New York Times, Rubin mulai bekerja untuk Apple sejak 1989 sampai 1992, setelah itu Rubin terlibat dalam beberapa perusahaan inovatif yang berbeda sebelum akhirnya mendirikan Android Inc. pada 2003. Berkat kesuksesannya Android kemudian diakuisisi oleh Google pada 2005 dan kini menjelma sebagai sistem operasi terbesar di dunia dengan hampir 85 persen saham dari pasar smartphone di seluruh dunia versi IDC.

 

4. Electronic Arts

Perusahaan video game terpopuler ini didirikan oleh mantan karyawan Apple, Trip Hawkins, yang telah bekerja untuk Apple semenjak 1978. Kemudian pada tahun 1982, Hawkins meninggalkan perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut untuk mendirikan Electronic Arts dengan modal awal US$200.000. Langkah tersebut terbukti sukses karena kini Electronic Arts memiliki nilai yang fantastis, yakni lebih dari US$11 miliar.

Meskipun kini Hawkins tak terlibat lagi secara langsung dengan Electronic Arts, ia aktif mengembangkan sebuah perusahaan bernama If You Can yang berfokus mengajarkan keterampilan sosial dan emosional kepada anak-anak.

 

5. Path

Path juga merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan Apple, yakni Dave Morin. Sebelumnya dia bekerja di Apple dari 2004 hingga 2006, yang memegang divisi produk dan pemasaran. Setelah hengkang dari Apple dia juga menghabiskan waktu 3 tahun untuk bekerja di Facebook, baru setelah hengkang dari Facebook dia memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang kini menjadi perusahaan besar. Bahkan beredar kabar bahwa Apple tengah berniat mengakuisisi Path, namun hingga kini masih belum terwujud.

 

6. Flipboard

Flipboard didirikan oleh Evan Doll, yang mana merupakan mantan karyawan Apple yang berposisi sebagai insinyur perangkat lunak iPhone. Setelah hengkang dari Apple, dia mendirikam Flipboard pada tahun 2009, aplikasi ini cukup sukses karena desainnya yang menawan dan bahkan Apple sempat memilih Flipboard sebagai “App iPad of the Year” pada 2010 silam. Aplikasi yang tersedia di platform Android, Windows dan iOS ini merupakan majalah pribadi yang dipenuhi dengan hal-hal yang menarik dari berbagai dunia.

 

7. Inkling

Inkling merupakan perusahaan yang berfokus pada penerbitan dan penyedia e-book interaktif. Co-founder perusahaan ini, Matt Macinnis adalah mantan manajer pemasaran Apple, yang bekerja pada 2002 sampai 2009. Setelah hengkang dari Apple dia mendirikan Inkling yang kini telah menjelma menjadi 50 Perusahaan Paling Inovatif di Dunia versi Fast Company. Inkling memungkinkan para penerbit besar untuk menggunakan platform Inkling Habitat untuk membuat e-book interaktif pribadi mereka.

Itulah 7 perusahaan teknologi yang dibuat oleh mantan karyawan Apple. Berkat ilmu dan tekad yang kuat, para mantan karyawan Apple tersebut berhasil membuat perusahaan teknologi yang kini bahkan dapat bersaing dengan Apple di pasar saham.

Baca juga artikel berita teknologi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *